Peristiwa Turunnya ‘Isa Alaihissalam di Masjid Menara Putih Damaskus pada Akhir Zaman


Dalam hadits Nawwas bin Sam’an yang panjang yang membicarakan kemunculan Dajjal dan turunnya ‘Isa ‘alaihissalam, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Ketika Allah telah mengutus al-Masih Ibnu Maryam, maka turunlah ia di menara putih di sebelah timur Damsyiq dengan mengenakan dua buah pakaian yang dicelup dengan waras dan za’faran, dan kedua telapak tangannya diletakkannya di sayap dua Malaikat; bila ia menundukkan kepala maka menurunlah rambutnya, dan jika diangkatnya kelihatan landai seperti mutiara. Maka tidak ada orang kafirpun yang mencium nafasnya kecuali pasti meninggal dunia, padahal nafasnya itu sejauh mata memandang. Lalu ‘Isa mencari Dajjal hingga menjumpainya di pintu Lud, lantas dibunuhnya Dajjal hingga menjumpainya di pintu Lud, lantas dibunuhnya Dajjal. Kemudian ‘Isa datang kepada suatu kaum yang telah dilindungi Allah dari Dajjal, lalu ‘Isa mengusap wajah mereka dan memberi tahu mereka tentang derajat mereka di surga.”

Shahih Muslim, Kita Al-Fitan wa Asyrathis Sa’ah, Bab Dzikr Ad-Dajjal 18:67-68

Aus bin Aus Ats-Tsaqafi meriwatkan bahwa Rasulullah shalallhu ‘alaihi wasallam bersabda, “‘Isa bin Maryam akan turun di Menara Putih sebelah timur Kota Damaskus.”

HR Thabrani

Masjid Menara Putih, Damaskus, Syiria

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Suatu kelompok dari umatku akan tetap berperang dalam kebenaran secara terang-terangan sampai hari kiamat, sehingga turunlah ‘Isa Ibn Maryam, maka berkatalah pemimpin mereka (pemimpin ummat Islam), ‘Kemarilah dan imamilah shalat kami.’ Ia menjawab, ‘Tidak, sesungguhnya sebagian kamu adalah (ditentukan) sebagai pemimpin terhadap sebagian yang lain, sebagai suatu kemuliaan yang diberikan Allah kepada umat ini (umat Islam).”

Riawayat Muslim dalam kitab Al-Fitan dan riwayat Ahmad dari Abu Hurairah

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, termaktub: “Tiba-tiba ‘Isa sudah berada diantara mereka dan dikumandangkan shalat, maka dikatakan kepadanya, majulah kamu (menjadi Imam shalat) wahai ruh Allah.” Ia menjawab, ‘Hendaklah yang maju itu pemimpin kamu dan hendaklah ia yang mengimami shalat kamu.”

HR Imam Ahmad

Telah bersabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, “Betapa gembiranya kamu apabila telah turun kepada kamu ‘Isa ibnu Maryam sedangkan Imam (pemimpin shalat) kamu adalah berasal dari kamu.”

Riwayat Muslim dan Ahmad dari Abu Hurairah

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Bagaimana kalian bila Ibnu Maryam turun di antara kalian sedang imam kalian adalah salah satu dari kalian?”

Ibn Hajar Al-’Aswalani, Fath al-Bari bi Syarh Shahih al-Bukhari, bab “Nuzulu ‘Isa”, jld. 6, hlm. 490.

Allah Subhana wa Ta’ala berfirman, “(Kami menghukum mereka dengan beberapa hukuman) dan karena ucapan mereka: Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih ‘Isa Ibn Maryam, Rasulullah. Padahal mereka tidaklah membunuhnya dan tidak pula menyalibnya. Akan tetapi yang mereka bunuh adalah orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) ‘Isa, benar-benar dalam keraguan tentang siapa yang dibunuh itu. Mereka tidak punya keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti prasangka belaka, mereka tidak pula yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa.”

Surat An-Nisa: 157

Masjid Menara Putih, Damaskus, Syiria

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di 'Isa alaihissalam, akhir zaman. Tandai permalink.

21 Balasan ke Peristiwa Turunnya ‘Isa Alaihissalam di Masjid Menara Putih Damaskus pada Akhir Zaman

  1. RENDRA berkata:

    Menurut saya peristiwa akhir zaman itu akan berakhir ketika seseorang itu tidak saling tolong-menolong LAGI HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI????????

    scenario akhir zaman ini adalah scenario untuk seluruh manusia yang pasti akan terjadi. sebagaimana tiap individu sudah pasti akan menghadapi kematian. Jadi bagaimana tiap individu itu menyiapkan diri untuk menyambut kematian, apakah di jalan yang lurus, atau sedang melakukan maksiat. Begitu juga dengan peristiwa akhir zaman, manusia mempersiapkan diri apakah menjadi golongan yang benar, atau malah menjadi pengikut Dajjal

  2. imam berkata:

    kalau boleh kiranya kita dapat perkirakan dimanakah atau masjid apakah yang dimaksud sebagai masjid menara putih itu?
    dimanakah negara / kota masjid itu berada ?

    kalau kita baca hadistnya disebutkan di sebelah timur Damaskus. Damaskus adalah ibu kota Syria. Di sebelah timur Damaskus sudah sejak lama ada Masjid dengan Menara Putih. Dan sebagian Ulama meyakini di Masjid itulah Nabi Isa as akan turun dari langit dengan memegang sayap dua malaikat. Dan di Masjid itu pasukan Imam Mahdi sedang dikepung oleh pasukan Dajjal

  3. probo berkata:

    subhanalloh…ramalan rosulullah benar adanya hingga akhir zaman.

  4. trisetyarso berkata:

    Assalamu`alaykum

    Ada request nih.

    Mohon Mas Reza memposting lengkap plus bahasa arab dan sanad2x-nya hadist2x berikut:

    1. Umur umat Islam 1500 tahun,
    2. Lima fase umat akhir zaman.

    Wassalamu`alaykum ww

    Agung

    Reza: Alhamdulillah akhi sudah ane posting, yang hadist perbandingan umur ummat sebagai basis dari perhitungan umur umat Islam 1500 tahun, tapi analisisnya belum sempat dituliskan. sedangkan untuk 5 fase hadistnya sudah ana posting dengan sumber dari presentasinya Ust. Ihsan Tanjung.

  5. Ping balik: Peristiwa Turunnya ‘Isa Alaihissalam di Masjid Menara Putih Damaskus pada Akhir Zaman « Road to High Quality Person

  6. hamba ALLAH berkata:

    setelah yazut dan mazut hadir,apa yg terjadi?

    • rezakahar berkata:

      Setelah Ya’juj Ma’juj, maka kaum muslimin mengalami masa-masa kemakmuran di bawah pimpinan Nabi Isa a.s dan kemudian dilanjutkan oleh Khalifah Al Qathani. Di mana bisa dicabut dari ular, serigala berdampingan dengan domba, susu seekor kambing mencukupi seluruh kampung. Puncak-puncaknya kemakmuran sejak Nabi Adam a.s sampe Kiamat. Setelah itu mulai muncul kembali orang-orang yang melakukan kemungkaran dan kemaksiatan, matahari terbit dari barat, dicabutnya nyawa semua orang yang memiliki keimanan walaupun sebesar biji zarrah. dicabut oleh angin lembut yang diutus Allah walaupun sampai ke gua yang paling dalam sekalipun. Setelah itu dunia dihuni oleh orang-orang yang tidak kenal Allah, dan melakukan perzinaan dimana-mana, bahkan di tengah jalan sekalipun, sehingga orang yang terbaik pada saat itu pun adalah orang yang menyarankan agar melakukan hal tersebut di balik semak-semak. Setelah beberapa waktu lamanya (hanya Allah yang tahu) Kiamat pun datang dengan tiba-tiba tanpa bisa diprediksi.

  7. heri berkata:

    menjdikn kita hrus berbenah diri bhwa di dunia yg fana ini tdklah kekal&dunia yg kekal itu di akhirat kelak oke trm ksih Wassalam

  8. DAKWAH UMAT berkata:

    saya copy ke myblog, untuk dakwah. semoga bermanfaat, amin

  9. muhammad yahya berkata:

    waktunya tolong dijelaskan

  10. Nakumi berkata:

    semoga Allah masih memberi kesempatan yg pabjang buat aku berthoubat(amieen)

  11. Hamba Allah berkata:

    Benarkah umur umat islam 1500 tahun?
    Apa hadistnya?

    • rezakahar berkata:

      coba lihat di tulisan saya di umur umat Islam. Sebenarnya hadist yang menyatakan langsung 1500 tahun itu tidak ada. Akan tetapi dari beberapa hadist ada beberapa ulama yang menghitung.
      Hadist yang digunakan adalah hadist perbandingan umur umat Yahudi, Nasrani dan Islam. Umur umat Yahudi dari matahari terbit sampai Dhuhur, umur umat Nasrani dari Dhuhur sampe Ashar, umur umat Islam dari Ashar sampe Maghrib diundur setengah hari (500 tahun).
      Terus dari hadist perbandingan datangnya Rasulullah saw dan Hari Kiamat bagaikan jari tengah dan jaring telunjuk, juga dihitung.
      Dari dua hadist ini diperkirakan umur umat Islam 1400-1500 tahun.
      Kemudian dari hadist 5 periode Islam, maka umat Islam sekarang ini berada di periode ke-4.
      Wallahua’alam

  12. To eng berkata:

    sangat bermanfaat

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s