Rabbi habli minash shalihin: Doa untuk mendapatkan anak Laki-laki


Kira-kira hampir lima tahun yang lalu di depan lift lantai 8 wisma pondok indah 1, ketika kami mau shalat berjama’ah ke masjid di seberang kantor.

saya dan teman saya, yang sekarang ini sedang berada di california usa, terlibat pembicaraan tentang doa yang kami panjatkan karena istri kami sama-sama sedang hamil yang umur kehamilan hanya berbeda tiga bulan saja.

Teman saya menceritakan bahwa doanya adalah rabbi habli minashsholihin, cukup itu saja dari Al Quran, diulang-ulang terus.

Kalau saya ketika itu doanya adalah Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatinaa qurrata a’yun. waktu itu saya sudah mendengar dan tahu tentang doa rabbi habli minashsholihin tapi jarang saya aplikasikan karena belum begitu saya pelajari. ketika itu juga saya agak cenderung menyukai anak kecil perempuan, karena lucu. Jadi kalau baca doa qurrata a’yun yaitu menyejukkan pandangan ya yang terbayang anak perempuan yang menyejukkan pandangan :) .

Alhasil 3 Januari 2007, Alhamdulillah Allah mengamanahi saya dan istri anak perempuan :) dan teman saya tersebut 3 bulan kemudian istrinya melahirkan anak laki-laki.

Ketika itu saya belum ada analisis mengenai doa Rabbi Habli minashshalihin.

Suatu hari ternyata istri teman saya hamil kembali, sedangkan istri saya belum hamil. Saya tanyakan lagi apa kali ini doanya. Kata teman saya tersebut doanya masih sama aja dan diulang ulang terus. Dan ketika lahiran, ternyata anak laki-laki lagi.

Ketika itu saya berfikir:
1. Rabbi habli minash shalihin secara harfiah shalihin adalah laki-laki yang shaleh. Jadi kita minta kepada Allah agar mengarunai anak laki-laki yang shaleh. kalau anak perempuan shaleh adalah shalihatin : )
2. Nabi Ibrahim a.s yang berdoa dengan doa tersebut kedua anaknya yang disebutkan di Al Quran adalah laki-laki yaitu Nabi Ismail a.s dan Nabi Ishaq a.s
3. Doa tersebut ada di Al Quran. Jadi teringat waktu ikutan mabit tentang doa Al Quran di Pusdai yang disampaikan oleh Ustadz Syaiful Islam, Lc bahwa doa yang tertinggi tingkat dikabulkannya adalah doa yang diambil dari Al Quran, karena Al Quran adalah Kalam (Perkataan) Allah SWT.
4. Kalau kita menggunakan doa tersebut dan berniat minta anak laki-laki yang shaleh, dan doa tersebut dari Al Quran dan terbukti Nabi Ibrahim a.s anaknya laki-laki, maka kemungkinan besar Allah akan mengabulkannya. Dan juga sudah terbukti dengan teman saya yang hanya berdoa pake doa tersebut anaknya laki-laki keduanya.

Setelah anak pertama disapih setelah dua tahun ASI, saya dan istri merencanakan anak kedua, dan Alhamdulillah Allah izinkan. Sebagai manusia ya fitrahnya kalau anak pertama perempuan, maka anak keduanya kemungkinan besar ingin anak laki-laki yang meneruskan nasab. Maka kemudian selain saya berdoa rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurraata a’yun dari Al Quran, maka saya juga rajin membaca rabbi habli minashshalihin dengan niat di hati minta anak laki-laki. Subhanallah Alhamdulillah Allahuakbar, ternyata benar, Allah karuniakan anak laki-laki, semoga Allah jadikan anak yang shaleh, begitu juga anak pertama saya yang perempuan menjadi anak yang shalehah. Amin.

Kemudian saya ceritakan analisis saya ini terhadap doa rabbi habli minashshalihin kepada beberapa teman-teman. Subhanallah ada beberapa teman yang baru menikah maupun sudah menikah, mengamalkan doa tersebut dan anaknya adalah laki-laki.
1. Teman asal Balikpapan ini mengamalkan doa tersebut, dan ketika lahiran ternyata anaknya laki-laki. Ketika saya tanyakan dia bilang mengamalkan doa tersebut.
2. Kemudian teman dari solo ini anak pertamanya adalah perempuan, kemudian ketika istrinya hamil lagi, diamalkan doa tersebut dan ketika lahir anaknya laki-laki. Ketika saya tanyakan apakah mengamalkan doa tersebut. Dia bilang it’s work.
3. Ustadz lulusan pesantren di Blitar ini pandai bahasa Arab dan baru menikah dan istrinya hamil. Ketika itu ustadz mendebat saya bahwa kata shalihin di doa tersebut bisa untuk laki-laki dan perempuan. Saya bilang bahwa ya itu tergantung niat kita apakah mau anak laki-laki secara harfiah shalihin adalah laki-laki shaleh. dan juga Nabi Ibrahim a.s yang mengamalkan doa tersebut anaknya laki-laki. Suatu hari saya silaturahim dengannya yang anaknya sudah lahir laki-laki. Dia berbisik kepada saya, doa dari sampean manjur Pak. : )
4. Barusan dapat sms dari teman asal Tanggerang ini, yang anak pertamanya adalah perempuan. Dan dia sms hasil usg istrinya yang lagi hamil sekarang ini adalah laki-laki, dan dia mengamalkan doa tersebut. Wallahua’lam kita tunggu ketika lahir saja : )
5. Kalau yang ini ketika saya menganalisis doa ini anaknya yang kedua laki-laki sudah lahir, tapi ketika kami diskusi tentang doa yang dipanjatkan oleh pria Malang yang pernah jadi Country Manager ini ketika hamil anak kedua, ternyata dia mengamalkan doa rabbi habli minashshalihin, dan anak keduanya tersebut adalah laki-laki. Sedangkan anak pertamanya adalah perempuan. jadi ada tambahan fakta lagi :)
6. Testimoni baru ketika sedang I’tikaf di Masjid Kanazawa, Akhir Juli 2014, seorang teman kasih kabar gembira dengan doa ini ternyata hasil USG anak ke-empatnya laki-laki (tiga anak pertama perempuan semua). Semoga dimudahkan dan dilancarkan Allah kelahirannya :-)

 

Ya begitulah kira-kira sharing pengalaman cerita seputar doa Nabi Ibrahim a.s di dalam Al Quran. tentu saja yang perlu kita pahami adalah takdir yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita adalah yang terbaik buat kita apakah anak tersebut laki-laki atau perempuan.

Wallahua’lam bishowab

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

5 Balasan ke Rabbi habli minash shalihin: Doa untuk mendapatkan anak Laki-laki

  1. lina berkata:

    Subhanallah… abang g pernah cerita sebelumnya, kebiasaan nih, baru inget kalo ada suatu moment, makanya direkam he..he.. :-)

    Semoga bisa segera menyusul mendapatkan anak2 qurraata a’yun yang shalihin dan shalihatin seperti Farras n Fatih ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s