Tips Mengurus Rawat Inap dengan Jaminan Askes di RSCM (Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo) untuk pasien di luar daerah DKI Jakarta


Sekedar berbagi pengalaman yang baru dialami di bulan April 2012, dan kemungkinan prosedur yang dialami ini sudah berubah kedepannya.
Untuk Rawat Inap di Gedung A yang sudah mendapatkan ISO 2008 sejak tahun 2010, dengan tinggi 8 lantai, ada dua jalur yaitu melalui Poli dan IGD.

Gedung A RSCM

Tulisan ini adalah yang melawti jalur Poli. Karena surat Rujukan Puskesmas belum didapatkan, maka kami melakukan pendaftaran poli jalur umum tanpa jaminan dengan biaya sebesar 70ribu rupiah. Dari Poli ini kami mendapatkan Surat Perintah Rawat dengan jaminan ASKES dan dibookingnkan kamar untuk Rawat Inap di Gedung A.

Untuk PNS Golongan 3 dan 4 mendapatkan jatah kamar kelas 2++ yang bedanya dengan kelas 3 adalah satu kamar terdiri dari 4 bed, ada TV, lemari pakaian, dan dispenser. Sedangkan kelas 3 dalam satu kamar terdiri dari 6 bed dan tanpa TV, lemari pakaian dan dispenser. PNS golongan 1 dan 2 mendapatkan jatah kamar kelas 3. Hanya saja karena di Gedung A RSCM saat tulisan ini dibuat, kamar kelas 2++ hanya tersedia 3 kamar saja yaitu 12 bed untuk 12 orang pasien, dengan waiting list sebanyak 40-an orang. Artinya pasien jaminan ASKES untuk PNS golongan 3 dan 4, perlu booking 2-3 minggu sebelum masuk kamar Rawat Inap. Jika tidak mendapatkan jatah kamar, maka akan turun ke kelas 3.

Dari Poli dengan berbekal Surat Perintah Rawat dan juga surat keterangan untuk Jaminan, maka surat ini dibawa ke P3RN untuk dibuatkan IPRI (Identitas Pasien Rawat Inap).

Dari P3RN secara paralel mengurus ke UPPJ untuk mendapatkan SJP (Surat Jaminan Perawatan) dari PT. ASKES dan juga ke Gedung A untuk masuk ke Ruang Rawat.

Di Gedung A pertama kali adalah ke Admission Gedung A di lantai 1, baru kemudian ke ruang rawat yang telah dibookingkan.

Sedangkan untuk di UPPJ perlu memperlihatkan kartu ASKES yang asli dan surat Rujukan Puskesmas, dan menunjukkan IPRI, surat Perintah Rawat. Maka PT ASKES akan membuatkan SJP.

Untuk Rawat Inap di Gedung A ada beberapa berkas persyaratan yang perlu disiapkan:
1. Kartu ASKES Asli yang ditunjukkan ketika pendaftaran
2. KTP
3. Surat Rujukan Puskesmas warna putih dan merah.
4. Surat Jaminan Pasien (SJP) dari PT. ASKES yang didapat di UPPJ (Unit Pelayanan Pasien Jaminan), berwarna merah dan kuning.
5. Identitas Pasien Rawat Inap yang didapat dari P3RN (Pusat Pelayanan Pasien Rawat Nginap) berwarna hijau.
6. Foto Copy Surat Perintah Rawat berwarna putih.
Point ke-4, 5, dan 6 diserahkan ke Ruang Rawat Gedung A bagian
Administrasi. Juga perlu disiapkan 10 rangkap foto copy point 2-6 untuk diserahkan ke Bagian Adiminstrasi untuk lampiran tindakan. Untuk case yang saya alami hanya dibutuhkan sekitar 5-6 rangkap saja, jadi saya membawa pulang sisa rangkap.

Pemandangan Lantai 1 dari Lantai 7 Gedung A RSCM

Pemandangan Lantai 1 dari Lantai 7 Gedung A RSCM

Jika tidak mempunyai surat rujukan Puskesmas dari daerah Asal. Maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah mendatangi Cabang PT. ASKES terdekat dari tempat tinggalnya di Jabodetabek. Untuk alamat semua Cabang PT ASKES di seluruh Indonesia ada di buku saku yang bisa diminta di kantor cabang PT. ASKES.

Untuk Pasien dari luar daerah yang telah masuk ruang rawat inap maka diberikan kesempatan waktu 2×24 jam untuk mengurus seluruh berkas persyaratan jaminan ASKES. Maka pihak keluarga bisa mewakili ke PT. Askes dengan membawa surat pengantar dari dokter.

Untuk pengalaman saya adalah mendatangi PT Askes Cabang Jakarta Pusat yang terletak di Jalan Proklamasi di depan pos polisi setelah jembatan layang dari arah Jl. Pramuka. Ambil nomor antri untuk Loket 3 yang sudah buka mulai jam 8 pagi. Sedangkan pendaftaran Puskesmas paling lambat jam 12 siang.

Dari PT. Askes Cabang Jakarta Pusat, saya mendapatkan surat pengantar untuk ke Puskesmas Menteng yang terletak di Jl. Pegangsaan Barat di seberang Station Kereta Api Cikini. Masuk ke lantai dua ambil nomor antrian nomor 118. Tunggu dipanggil di pendaftaran. Di tempat pendaftaran tunjukkan kartu ASKES asli dan tunjukkan surat keterangan Dokter jika pasien tidak ditempat. Kemudian serahkan 1 lembar foto kopi kartu ASKES, 1 lembar foto kpi KTP, dan surat pengantar yang asli dari kantor cabang PT. ASKES yang satu wilayah dengan Puskesmas. Kemudian surat keterangan dokter saya pegang kembali dan saya mendapatkan nomor antrian di poli 1 urutan 78. Kemudian nama pasien dipanggil untuk ditanyakan status, dan saya tunjukkan surat keterangan dari Dokter, kemudian tunggu lagi dipanggil. Setelah itu baru dipanggil di poli 1 untuk mendapatkan surat rujukan dari Puskesmas yang berlaku selama sebulan. Kemudian surat rujukan ini dibawa ke UPPJ di RSCM.

Sejak bulan Mei 2011, ASKES menanggung semua biaya operasi di RSCM, kecuali obat-obatan dan alat tambahan yang tidak termasuk ditanggung ASKES

Semoga bermanfaat : )

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

6 Balasan ke Tips Mengurus Rawat Inap dengan Jaminan Askes di RSCM (Rumah Sakit Umum Pusat Cipto Mangunkusumo) untuk pasien di luar daerah DKI Jakarta

  1. Pegawai BYM berkata:

    Nice article, salam dari RSCM

  2. Santi maria berkata:

    Kalo Dari luar Kota gimana soalnya saudara saya rencana mau berlibur tiba”sakit dan di bawl ke ugd rscm,,,tapi Belum di suruh” pindah juga ke rawat inap….padahal kalo nunguin di ugd ortu saya agak kewalahan,,,gimana caranya Kita mintak pindah ke kamar Jgn di ugd terus

    • rezakahar berkata:

      saya belum pernah punya pengalaman di UGD RSCM. Berdasarkan pengalaman saya mengantarkan ortu ke poliklinik RSCM kami dirujuk oleh dokter untuk dapat kamar di gedung A RSCM. Mungkin mbak bisa tanyakan ke bagian administrasi atau suster atau dokter yang bertugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s