Kutipan tentang Akhlak dari buku Sholat Seperti Nabi saw


Akhlak yang baik termasuk sifat-sifat orang yang mendirikan sholat. Setiap muslim yang selalu mendirikan sholat wajib menjadi manusia yang paling baik akhlaknya. Dalam bergaul dengan manusia, ia harus lemah lembut, penuh toleransi, dan selalu tampil sebagi orang yang mempunyai sifat-sifat terpuji. Dengan demikian, ketika bergaul dengan orang lain ia bagaikan bunga mekar yang harum semerbak, indah, lembut, penyayang serta rendah hati. Bagaimanapun, sikap lemah lembut, elastis, lentur dan bagus dalam berbicara adalah buah dari akhlak yang baik. Sedangkan bicara yang buruk dan suka mencela adalah buah dari jeleknya perilaku atau akhlak sesorang. Akhlak yang baik menuntut dan melahirkan jiwa pengasih yang lemah lembut dan harmonis. Sedangkan akhlak yang buruk mengakibatkan sikap saling benci, saling mendengki, dan saling membelakangi.

Tidak diragukan lagi keutamaan dan kemuliaan akhlak yang baik. Akhlak yang baik wajib dimiliki setiap orang yang mengaku sebagai Mukmin dan Muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Rasulullah saw bersabda,” Kebanyakan yang memasukkan seseorang ke dalam surga adalah ketakwaan kepada Allah dan akhlak yang baik.” (HR. Turmudzi, Shohih). Rasulullah saw pernah ditanya oleh Usamah ra, “Wahai Rasulullah, apakah pemberian yang paling baik yang diberikan kepada manusia?” Rasulullah saw menjawab,”Akhlak yang baik” HR. Ibnu Majah, Shohih)
Pada Hadist lain disebutkan,”Aku diutus hanya untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.” (HR. Bukhari, Shohih)
Ditegaskan pula oleh Rasulullah saw,”Sesuatu yang paling memberatkan timbangan kebaikan adalah akhlak yang baik.” (HR At Turmudzi, Shohih)
Rasulullah saw pun berdoa,” Ya Allah perbaguslah badanku dan akhlakku.” (HR. Ahmad, HR Ibn Hibban, Shahih). Doa yang lain,”Ya Allah, jauhkanlah aku dari akhlak yang buruk atau mungkar.” (HR. At Turmudzi, HR. Ibn Hiban, Shohih).

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang berbuat yang baik, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh (QS 7: 199)
Ssungguhnya Allah menyuruh kamu untuk berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat , dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan (QS 16:90)
Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan (QS 42:43)
..maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik (QS 5:13)
..dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kalian tidak ingin bahwa Allah akan mengampuni dosa kalian? (QS 24:22)
Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tibaorang yang antaramu dan antara ia ada permusuhuhan, seolah-olah telah menjadi teman yang setia (QS 41: 34)

Nabi Muhammad saw bersabda kepada Aisyah ra: “Hendaklah engkau berlemah lembut dan jauhilah olehmu sikap kasar dan perkataan yang buruk dan jorok.” (HR. Bukhori dan Muslim)Pada kesempatan lain beliau saw bersabda,”Sesungguhnya Allah swt tidak suka terhadap orang yang kasar, keras hati, dan sombong, suka berteriak dengan keras di pasar, pandai dalam urusan keduniaan tapi bodoh dalam urusan keakhiratan.” (HR Baihaqi dan Ibn Hibban, Shahih).
Dalam Hadist lain,” Sesungguhnya Allah swt membenci orang yang suka melakukan perbuatan yang keji dan buruk akhlaknya.” (HR Ibn Hibban dan Tabrani, Shohih).
Sahabat Rasulullah saw yaitu Anas bin Malik ra mengatakan,”Rasulullah saw itu bukan pencela atau pencaci maki, juga bukan pelaku perbuatan keji.” (HR Bukhori)

Dikutip dari Buku Sholat seperti Nabi saw karya Hasan bin Ali as-Saqaf hal 17-19. Penerbit: Pustaka Hidayah

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Kutipan tentang Akhlak dari buku Sholat Seperti Nabi saw

  1. reytha berkata:

    saya sangat stu dgn ada.a ahklak krng agar mnusia tdk bcra jorok dan pa ge mnusia krng bxk xg eagk tau tntng ahlak….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s