Khasiat Pegagan/Pegaga/Antanan Bagian I


Tulisan ini akan digabungkan dalam satu page di bagian herbal solution

Pegagan merupakan tanaman obat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat luas. Bahkan ia mendapat pengakuan dari organisasi-organisasi kesehatan dunia sebagai herba yang berpotensi tinggi. Sejak ribuan tahun yang lalu Pegagan telah digunakan sebagai penawar di beberapa negara besar dunia seperti India, Pakistan, dan Eropa Timur.

Nama Latinnya Centella Asiatica. Termasuk famili Apialeae. Banyak sebutan yang diberikan masyarakat terhadap pegagan, seperti misalnya, Daun Kaki Kuda, Daun Aga, Pegagan, Pegago Ambun, Pegago (Sumatera), Pegagan, Antanan Gede, Gagan-gagan, Ganggagan, Pante Gowang, Calingan, Rambat, Pacul Gowang (Jawa/Sunda), Kos-kosan (Madura), Daun Tungke-tungke, Kisu-kisu (Sulawesi), dan lain-lain.

Di Amerika tanaman ini dikenal dengan nama “Gotu Kola”, masyarakat Cina menyebutnya Chow Sui, sementara di India disebut dengan Valeeri atau Gotu Kola.

Pegagan merupakan tumbuhan Kosmopolit atau memiliki daerah penyebaran yang sangat luas, terutama di daerah tropis dan sub tropis. Tanaman ini menyebar liar dan dapat tumbuh subur di atas tanah dengan ketinggian 1-1250 m dari permukaan laut. Tumbuhan ini berasal dari Asia tropis dan sering ditemui tumbuh melimpah di tempat-tempat terbuka, seperti tegalan, dan tempat yang agak terlindung. Pegagan menyukai lingkungan yang basah, seperti selokan, areal persawahan, tepi-tepi jalan, padang rumput, dan bahkan tepi-tepi tembok atau pagar.

… bersambung ….

Referensi:
Majalah Kitab Perubahan Jawi /No.1/Vol I/Juni-Juli 2003

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s