Pentingnya Pengetahuan tentang Surga dan Neraka di Akhir Zaman yang Materialistis


Ada petikan tulisan bagus dari kata pengantar Fadli Bahri, Lc penerjemah buku karya Ibnul Qayyim dengan judul Hadil Arwaah ila Biladil Afraah (Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia dengan judul Tamasya ke Surga).

 

Pembahasan topic surge (dan neraka) tidaklah tradisionil, kuno, tidak relevan, langkah mundur seperti dikatakan sebagian atau banyak orang. Dan figur yang membahas tema surga (dan neraka) bukanlah orang yang ketinggalan zaman. Justru pembahasan tentang surge (dan neraka) dan keberadaan orang atau buku yang mengupas profil surga (dan neraka) dengan otentik berdasarkan nash-nash Al Quran dan Sunnah Nabawiyah sangat dibutuhkan kehadirannya pada zaman kita sekarang, di mana kehidupan materi begitu mendominasi lorong-lorong kehidupan dan beragam godaan-godaan jahat dan maksiat begitu merajalela di semua lokasi dan di setiap waktu.

 

Pada zaman seperti itu, untuk selamat dari ranjau-ranjau kehidupan dan memperkokoh pondasi kehimanan, kita memerlukan banyak pengingat dan di antara sekian banyak pengingat adalah pengetahuan kita tentang surge (dan neraka). Sebab akhir dari perjalanan hidup kita di dunia ini kelak adalah salah satu dari keduanya: surge atau neraka, dan tidak ada alternatif ketiga.

 

Orang yang mengetahui jauhnya sebuah sebuah perjalanan, maka ia akan mengadakan persiapan yang matang untuknya. Begitu mutiara hikmah mengatakan. Naif sekali kalau kita mendambakan surge, tidak henti-hentinya berdoa dan bekerja siang malam untuk meraihnya, namun kita tidak memiliki gambaran tentang surge. Padahal surge diterangkan Allah Ta’ala dalam Al Quran dan oleh Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam sunnahnya dengan transparan dan ia termasuk masalah aqidah yang harus diyakini oleh setiap orang Mukmin. Bagaimana mungkin orang tertarik dan rindu pada surge, kalau ia tidak tahu apa sesungguhnya yang ia rindukan?

 

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pentingnya Pengetahuan tentang Surga dan Neraka di Akhir Zaman yang Materialistis

  1. hanizar berkata:

    trimaksih atas nasehat nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s