RUSK Channel Sounder


Ternyata setelah mencari ke mana-mana pake mesin pencari, gak ditemukan apa sih singkatan dari RUSK. Dari sebuah slide seminar di CD yang ada di Lab, baru ketahuan bahwa RUSK itu adalah singkatan dari nama awal 4 orang:

University Erlangen-Nuremberg, Institute of Radio Communication, yang melakukan basic research, dan pengembangan prototype yaitu:

Prof. Schlusler, R. Reng, U. Marting, S. Herman, K. Schwarz sehingga disingkat menjadi R.U.S.K = RUSK

RUSK ATM tahun 1997: Liner RX Array (8 elements), bandwidth 120 MHz, 20000 CIR/s, RF Frequency 5,0…6,0 GHz

Kenapa disebut RUSK ATM? Karena pada waktu dibuat prototype pada tahun 1997 ini, sebagian dibiayai oleh German research project ATM mobil [1].

Prinsip baru di dunia Wireless Communcations Engineering: “The bad channel is the good channel (kanal yang jelek adalah kanal yang bagus)” dikutip dari J.Bach Andersen, seorang printis peneliti komunikasi bergerak di Eropa, menggambarkan pandangan baru pada kelayakan propagasi multipath oleh teknologi moderen pemrosesan sinyal dan array [1].

RUSK binary files dapat diakses dari Matlab dengan menggunakan fungsi Import.  Seluruh metode numerikal dan representasi grafik pada MATLAB tersedia untuk analisis data yang mendalam. Channel Sounder dapat digunakan untuk simulasi sistem komunikasi wireless yang realistis [1].

Jadi yang baru adalah RUSK HyEff sedangkan yang versi pendahulunya sejak 1996/1997 adalah RUSK ATM

Contoh simulasi: http://www.channelsounder.de/hyefftools/help/demosim.html dan http://www.channelsounder.de/hyefftools/help/demores.html

Ada dua macam import filter yaitu ATM dan HyEFF

HyEff merupakan singkatan dari High Spectral Efficiency Mobile Networks. HyEff Matlab Tool membutuhkan MATSYS import funtion yang sudah terinstall yang berupa MEX files. MEX adalah singkatan dari Matlab Executable. HyEff ini merupakan bagian dari program hyperNET

Ref:

[1] www.channelsounder.de

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s