Apakah Ada Hubungan Antara Bela Diri (Martial Arts) Dengan Prestasi di Sekolah?


Menurut saya ada. Karena saya yang merasakannya.

Dulu waktu kelas 1 SD saya pertama kali masih dapat rangking 10 besar. Akan tetapi rangking tersebut terus turun sampai kelas 3 SD. Bahkan ada nilai merah di raport saya.

Jika saya renungi, saat itu saya kurang percaya diri, ditambah ada seorang anak yang sering mengganggu saya, sampai saya pernah menangis-nangis menghindar anak tersebut di bawah meja. Konsentrasi belajar jadi terpecah, minder, tidak bergairah, dan penuh rasa takut.

Alhamdulillah ayah saya yang seorang dosen pemegang Sabuk Hitam di Judo dan Karate, memasukkan saya latihan Karate di BKK UNILA saat itu. Sehingga diri saya menjadi percaya diri, dan tidak takut lagi dengan teman saya. Bahkan teman saya tersebut yang biasa mengganggu saya jadi menghargai saya. Efeknya mulai terasa kelas 4 SD saya berhasil mendapatkan rangking 4 di kelas, dan saya masih masuk 10 besar sampe kelas 6 SD. Maksimum rangking saya paling tinggi waktu SD adalah rangking 3 ketika kelas 6. Tapi saya sudah puas, mengingat saya dulu pernah hancur rangking dan ada nilai merah. Saya mengikuti latihan karate sampe sabuk Kuning ketika SD.

Bahkan ketika EBTA dan EBTANAS SD saya pernah diganggu dua orang di sekolah saya ketika di bus, dan saya tidak takut. Akibatnya besoknya saya ketika pulang sekolah dikejar untuk dikeroyok belasan atau puluhan orang, saya kurang hafal. Saya alhamdulillah tidak takut, saya keluarkan jurus langkah seribu, saya lari😀 , Alhamdulillah diselamatkan oleh bapaknya teman saya. Akhirnya esok harinya urusan kami diselesaikan oleh Kepala Sekolah. Alhamdulillah sejak itu tidak ada yang mengganggu saya.

Ketika SMP saya belajar JUDO dilatih oleh ayah saya. Ketika SMU saya ikut Taekwondo sampe sabuk Kuning. Ketika Kuliah Tingkat pertama saya ikut JUDO lagi, kemudian ikut latihan Kungfu Muslim Tifan Pokhan di Masjid  Salman. Setelah itu saya terkena Thypus + Magh Kronis + Infeksi Saluran Kemih. Sehingga saya sudah tidak bisa latihan lagi bela diri sampe sekarang karena gampang drop stamina dan kesehatan saya.

Dengan pengalaman bela diri ini, kepercayaan diri jadi bertambah, sehingga konsentrasi belajar bisa dijaga. Itu yang saya rasakan🙂

———

Hari ini tanggal 7 Desember 2012, ternyata ada yang mengunjungi blog saya dengan keyword: hubungan bela diri terhadap prestasi anak.

Semoga tulisan saya ini berguna🙂

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

