MUSIC Multiple SIgnal Classification


MUSIC yang diperkenalkan oleh Schmidt ini memiliki tingkat resolusi yang tinggi dalam menentukan arah datangnya signal ke sebuah array antenna. Arahnya signal tersebut biasanya disebut dengan Direction of Arrival (DOA) dan kadang disebut sebagai Angle of Arrival (AOA).

MUSIC ini ide dasarnya sangat simple sekali. Walaupun kalau baca papernya kadang susah dimengerti🙂

Jadi sinyal yang diterima pada sebuah array antenna biasanya terdiri dari steering vector dikali dengan sinyal, kemudian ditambahkan noise AWGN.

Algoritma ini memanfaatkan ortogonalitas steering vector pada subspace signal dengan eigen vector noise. Jadi caranya adalah

1. Sinyal yang datang atau diterima kita bikin covariance matrix dengan cara R_x = x \cdot x^H

2. Kemudian dari covariance matrix ini kita cari eigen vecktor dan eigen value. Untuk simulasi pada Matlab sudah ada fungsi untuk mencari nilai dan vektor eigen.

3. Kemudian kita lihat beberapa eigen value yang nilainya beda sendiri dan paling kecil. Maka vektor yang bersesuaian dengan eigen value tersebut adalah eigen vektor untuk noise.

4. kita tinggal kalikan saja steering vektor untuk tiap sudut dengan eigen vektor noise tersebut. Karena ortogonal, maka hasil kalinya akan nol. Sehingga nilai nol ini jika dijadikan 1/0 akan menghasilkan nilai peak. Berarti sudut yang memiliki nilai puncak ini adalah sudut arah datangnya sinyal.

Hmmm ide dasarnya sangat simple sekali, tapi penurunan rumus dan penjelasan ilmiah dari papernya lumayan bikin mikir berkali-kali untuk mengerti maksudnya. Kalau dah ngerti jadi lebih mudah. Oh ya mencobanya dalam simulasi membuat kita jauh lebih faham cara kerja algoritma ini.

Selamat mencoba🙂

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s