Selamat Farras Nilai USBN atau UN SD dengan rata-rata 93.5 peringkat ke-9 di SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung


Ketika Farras kelas 5 SD, saya menceritakan dirinya bahwa ketika saya menjelang naik kelas 3 SMU, saya membeli buku tebal persiapan UMPTN dengan sampul bergambar Aula Barat ITB. Saya belajar selama setahun dari buku-buku Soal UMPTN sehingga hasil tryout saya tembus di atas 70 persen. Saat itu tahun 1999 prediksi passing grade tertinggi di Indonesia dipegang oleh Teknik Elektro ITB sebesar 64 persen. Jadi dengan hasil prediksi try-out saya bisa diterima di jurusan apa saja di seluruh Indonesia. Akhirnya saya memilih Teknik Elektro ITB.

Kemudian saya menceritakan ke Farras, untuk menambah semangat, bahwa di NEM SD, saya mendapatkan nilai sempurna atau perfect untuk Matematika yaitu 10 dari nilai maksimum 10. Karena Bahasa Indonesia saya kecil hanya mendapatkan nilai 6 koma, maka total NEM saya hanya sekitar 43 saja dari maksimum 50 untuk 5 mata pelajaran Matematika, PMP, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS, sehingga rata-rata nilai tidak mencapai 9. Sedangkan untuk dapat masuk ke SMPN 2 Bandar Lampung yang Favorit saat itu tahun 1993 mensyaratkan minimal NEM 45 atau rata-rata 9.

Setelah memompakan semangat ke Farras, kami bawa Farras untuk beli buku persiapan USBN atau Ujian Nasional dengan harapan Farras belajar selama setahun. Ternyata Farras masih perlu waktu untuk mulai serius belajar soal-soal tersebut, sehingga kira-kira Farras hanya belajar setengah tahun dari soal-soal di buku tebal tersebut di luar belajar rutin di kelas. Hasilnya, Alhamdulillah Masya Allah, kami juga tidak menyangka, bahwa nilainya lebih besar dari Bapaknya yaitu 93.5 atau untuk sekala puluhan yaitu 9.35. Bapaknya tidak bisa sampai rata-rata 9. Bapaknya hanya menang di nilai Matematika yang 10. Nilai Farras Alhamdulillah tertinggi ke-9 di Sekolahnya SDIT Baitu Jannah, Bandar Lampung.

Saya bilang ke Farras, jika Farras belajar selama setahun mungkin nilai Farras bisa terbaik se-Lampung 🙂 Aamiin

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s