Deadline Submit Proposal PhD dan Allah Sang Pembolak-balik Hati


Salah satu bagian yang krusial dalam studi PhD di JAIST adalah masa submit proposal Disertasi, jika mundur, maka mundur masa PhD sebanyak satu semester. Ketika itu saya mendapatkan hanko atau seal atau cap sensei untuk proposal disertasi saya menjelang tutup admission di waktu deadline hari itu.

Alhamdulillah Allah membolak-balikkan hati sensei, sehingga hatinya bahagia, mood bagus, karena baru presentasi proyek mencari dana, sehingga memberikan petunjuk kalimat terakhir pemungkas di proposal sehingga menurutnya proposal menjadi strong dan layak untuk disubmit. Padahal proposal ini sudah bolak-balik direvisi masih juga sensei belum puas. Akhirnya dengan kalimat terakhir itu, sensei mau memberikan cap-nya yang sangat penting untuk kelulusan tersebut.

Begitu cap diberikan, langsung saya lari sepanjang lorong memberikan beberapa lembar print out dari proposal disertasi ke kantor admisi. Alhamdulillah pas, dan diterima masih ada waktu beberapa menit sebelum deadline. Secara official saya bisa lulus 3 tahun. Walaupun kenyataannya saya lulus 3 tahun 3 bulan karena nunggu acceptance dari jurnal.

Ada teman seberang meja satu lab, orang Jepang yang master tidak mendapatkan cap dari sensei karena proposal tesisnya belum ok. Akhirnya harus mundur satu semester. Sebagai antisipasi, teman tersebut langsung pindah lab.

Demikian salah satu perjuangan PhD yang ditempuh.

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Deadline Submit Proposal PhD dan Allah Sang Pembolak-balik Hati

  1. Ping balik: Tulisan Tentang Ketika di Jepang Meliputi Kuliah S3, Kehidupan, dll | Menyambut Akhir Zaman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s