Hanko / Seal / Stempel di Nomi City, Ishikawa, Jepang


Ketika kita tinggal di Nomi City, Ishikawa. Salah satu yang penting adalah Hanko. Hanko atau stempel atau seal ini adalah sebagai tanda tangan kita untuk dokumen penting seperti berbagai kontrak kerja, asuransi, mobile phone, presensi, pembukaan rekening bank, dan lainnya.

Sebenarnya di daerah lain sudah ada yang tidak pake hanko lagi, jadi tinggal tanda tangan biasa saja sudah cukup. Misalnya saya submit pendaftaran paten di Tokyo Jepang, tinggal tanda tangan biasa saja.

Saya ketika itu tiba di JAIST, Nomi City, Ishikawa, Jepang, tanggal 4 Oktober 2012. Keesokan harinya ketika masuk ke lab, perkenalan singkat. Hal pertama yang dilakukan adalah ke kota sebelah, kota tua, Tsurugi.

Kota Tsurugi merupakan akses yang paling dekat dari kampus kami JAIST di desa Asahidai, Tatsunokuchi, Nomi City. Sehingga kampus kami menyediakan bus shuttle gratis untuk para mahasiswa, staf, dan masyarakat sekitar ke kota Tsurugi pulang pergi sekitar tiap jam, dari pagi hari hingga menjelang tengah malam.

Ketika itu saya ditemani oleh seorang PhD student dari Mexico yang baru datang lebih dahulu beberapa hari atau Minggu. Nama dia Ricardo. Kami satu lab, tapi beda sensei. Sensei saya Full Professor, Tad orang Jepang, dan sensei dia adalah Associate Professor, Brian orang Amerika.

Kami naik shuttle bus dari kampus dan turun di halte terakhir yaitu Stasiun Tsurugi. Dari stasiun, kami jalan kaki ke toko Hanko terdekat untuk memesan Hanko yang dapat diambil keesokan harinya. Makin banyak huruf yang dipakai makin mahal. Saya pesan yang standar saya 1,000 Yen untuk satu Hanko. Akhirnya saya pilih nama akhir saya yaitu Aziz. Karena ini bahasa Asing, maka menggunakan huruf Katakana. Sedangkan bahasa Jepang asli menggunakan huruf Hiragana. Kata Aziz dalam Katakana terdiri dari tiga huruf yaitu A Ji Zu. Dalam katakan dan Hiragana tidak ada konsonan di akhir kata kecuali N dan itupun dibaca NG.

Demikianlah setelah keesokan harinya Hanko saya selesai, saya bisa mengurus semua berkas administrasi mulai dari buka rekening bank di Japan Post (JP) Bank, Hokkoku Bank, Admistrasi di Tatsunokuchi City Hall, Kontrak Kerja part time Researcher di Kampus JAIST, dll.