Mengenal 2 buah macam antenna di Tower/Menara BTS


Jika kita melihat ke menara-menara atau tower-tower BTS kepunyaan para operator, maka kita akan melihat dua buah macam Atenna yaitu yang berbentuk bulat dan yang berbentuk persegi panjang.

1. Antenna yang berbentuk bulat dari yang kecil sampe yang super gede.

Atenna ini disebut juga dengan antenna parabola. Mungkin denger antenna parabola pada familiar ya, karena dari dulu kadang di rumah-rumah ada yang punya antenna parabola untuk menangkap siarang televisi satelit.

Antenna parabola ini memiliki radiasi gelombang elektromagnetik yang menyempit sehingga bisa menjangkau jarak yang jauh. Sehingga antenna parabola ini dipakai untuk menghubungkan antar tower seolah-olah kabel yang tak terlihat.

Antenna ini ada berbagai macam ukurannya, dari yang paling kecil 0.2m, 0.3m, 0.6m, 0.9m, 1.2m, 1.8m, 2.7m, 3.0m, sampai yang terbesar berdiameter 3.7m bahkan 4.5m. Bayangkan kalau antenna 4.5m diameternya sebesar rumah jatuh dari menara atau tower hehehe, pasti suaranya keras sekali.

Makin besar antenna makin sempit radiasinya, sehingga makin jauh jangkauannya. Istilah telco nya adalah makin tinggi Gain nya (Penguatannya). Tapi kalau make antenna besar perlu diperhatikan ruang di tower apakah mencukupi dan juga kekuatan tower.

Dalam dunia telco, Antenna yang bundar ini atau antenna parabola ini dipakai oleh perangkat yang dinamai perangkat transmisi microwave (gelombang mikro). Jangan dibayangkan ya kalau ini perangkat untuk memasak atau memanaskan makanan🙂. Kenapa disebut microwave/gelombang mikro? Karena frekuensi yang dipakai cukup tinggi dimulai dari 3 GHz sampai 80 GHz.

2. Atnenna yang berbentuk persegi panjang

Nah kalau antenna ini disebut antenna sektoral. Karakteristik antenna ini memiliki radiasi yang lebih lebar yang berguna untuk menangkap sinyal dari hand phone di sekitar tower. Antenna jenis ini yang dipakai oleh perangkat yang disebut sebagai BTS (2G), NodeB (3G)  maupun eNodeB (LTE). Jadi dengan antenna sektoral yang memilik beamwidth 120 derajat, maka dengan 3 sektor akan tercover area disekitar tower.

16 Balasan ke Mengenal 2 buah macam antenna di Tower/Menara BTS

  1. fathurrohim berkata:

    mntap….

  2. AEP berkata:

    ditunggu tulisan telco selanjutnya mas reza😀

  3. cah ireng berkata:

    mas mau nanya nih……

    klo untuk BTS tower 3G itu ciri2 nya gmn ya?

    soalnya di sini nangkep signal 3g tapi cuma 1bar ,.. sedangkan di tempatku itu towernya ada tiga n ber dekatan…. mungkin salah satunya itu telkomsel.
    tapi kenpa setlah aku buat antena terus aku arahkan ke tower n bergantian signal tetep 1bar….

    • rezakahar berkata:

      2G 3G itu biasanya ada pada satu tower. bahkan sekarang satu buah kabinet di dalam shelter pun ada yang dah gabungan 2G dan 3G. Jadi kita gak bisa melihat dari bentuk towernya saja. Jadi kalau cuma satu bar, mungkin itu sinyalnya berasal dari tower lain yang lebih jauh yang sudah diinstal perangkat Node B (sebutan BTS untuk 3G).

      Term BTS untuk 2G, dan Node B untuk 3G, sedangkan e-Node B untuk 4G

  4. Penguat Sinyal berkata:

    Hingga saat ini masih mencari software yang bisa mendeteksi bts provider, baik itu indosat, telkomsel, xl, ataupun smart. Adakah yg tau download dimana?

  5. mus berkata:

    mas,knpa penerimaannya tidak sama.antara 3g dan 2g

  6. firman berkata:

    Apakah ada efek samping bagi manusia di sekitar tower telekomunikasi???

  7. Jambari berkata:

    Mas, bagus mana menagkap sinyal dengan antena yagi sistem induksi dibanding modem ditaru diatas menggunakan USB extender?
    mohon penjelasannya

  8. menaraburu86 berkata:

    setauku bila tuk tower mikro ada dantidak sityal/jaringan tergantung perangkat.seperti modem refti payer.lampulan modem yang dr BTS .normal.yang di komsumsi teganggan 48dc 24 dc.normal

  9. abu nida berkata:

    ingin rasanya pengguna jaringan melirik web saya,
    http://towerbts-bts.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s