Menjadi Anggota Technical Program Committee (TPC) untuk IEEE Vehicular Technology Conference (VTC)


IEEE VTC merupakan semi-annual flagship conference bagian dari IEEE Vehicular Technology Society. Konferensi ini akan membawa orang-orang dari akademia, pemerintah, dan industri untuk berduskusi dan bertukar ide di dalam bidang wireless, mobile, serta vehicular technology [1].

Konferensi ini pertama kali diadakan di Detroit, Michigan, USA, pada tahun 1950. Kemudian konferensi ini dilanjutkan setiap tahun hingga 1998. Setelah itu, konferensi dilakukan dua kali dalam setahun yaitu pada waktu spring (musim semi) dan fall (musim gugur) [2].

Alhamdulillah Institut Teknologi Sumatera (ITERA), yang merupakan Universitas baru yang mulai beroperasi tahun 2012 dan resmi berdiri tahun 2014, melalui salah satu tenaga pengajarnya yaitu Muhammad Reza Kahar Aziz, PhD telah menjadi bagian dari anggota TPC pada IEEE VTC 2018 Spring di Porto, Portugal, 3 – 6 June 2018 [3]. Sehingga nama ITERA muncul di dalam buku final program. Ada satu lagi Universitas asal Indonesia selain ITERA, yaitu Telkom University yang diwakili oleh Assct. Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar sebagai anggota TPC juga.

Tugas dari anggota TPC adalah menjamin minimal satu kali review paper oleh dirinya ataupun didelegasikan ke reviewer yang bukan anggota TPC. Minimal sebuah paper yang direview ini di-assign oleh Vice-Chairs atau Chair TPC kepada beberapa anggota TPC. Kegiatan world class VTC 2018 Spring ini didukung oleh 1050 anggota TPC dan 841 reviewer untuk melakukan 1878 review dari 505 paper (termasuk 32 invited paper) yang menghasilkan 336 presentasi paper. Tiap paper direview paling sedikit oleh tiga orang independent reviewer.

Sebenarnya pada tahun 2012, Dr. Reza sudah menjadi reviewer dari IEEE VTC 2013, Dresden, Jerman, dengan mereview 2 paper yang di-assign oleh anggota TPC saat itu Asst. Prof. Dr. Eng. Khoirul Anwar. Akan tetapi, hanya nama reviewer saja dengan tanpa afiliasi yang tertulis di list reviewer pada buku final program karena bukan anggota TPC [4].

Dr. Reza diundang menjadi anggota TPC dari IEEE VTC 2018 Spring dan Fall oleh Assct. Prof. Dusit, Niyato Nanyang Technological University, Singapore, sebagai Vice-Chairs TPC untuk IEEE VTC 2018 Fall, Radio Access Technology and Heterogeneous Networks. Hal ini mungkin disebabkan karena Dr. Reza juga aktif sebagai anggota di flagship pada konferensi utama IEEE untuk Communication Society yaitu ICC dan Globecom serta menjadi reviewer pada IEEE Transaction on Vehicular Technology.

Diharapkan dengan tertulisnya nama ITERA di dalam buku final progeam sebagai afiliasi dari salah seorang anggota dari TPC IEEE VTC 2018 Spring ini, dapat sedikit membantu dikenalnya nama ITERA di dunia Internasional bidan Telekomunikasi yang berkualitas tinggi sebagai bagian dari mewujudkan ITERA sebagai world class university.

Sebagai informasi tambahan, sejak tahun 2013, Dr. Reza saat ini juga sudah mempublikasikan 2 paper artikel jurnal dan 7 paper prosiding internasional, sehingga total 9 paper berafiliasi ITERA yang terindeks Scopus (Dokumen ke-9 sudah masuk IEEE Xplore dan belum masuk Scopus karena masih baru terbit) [5], [6]. Hingga Kamis 5 Juli 2018, Dr. Reza dengan Afiliasi ITERA filiasimemiliki h-index 5 dan citation 42 di Google Scholar dan h-index 3 dan citation 19 di Scopus, serta menempati posisi Ranking ke-11 sebagai reviewer teraktif di Indonesia dengan 177 merits dari 59 verified review versi Publons [7].

Referensi

[1]http://www.ieeevtc.org/vtc2018fall/

[2]https://en.m.wikipedia.org/wiki/Vehicular_Technology_Conference

[3]http://www.ieeevtc.org/vtc2018spring/final-program.pdf

[4]http://www.ieeevtc.org/vtc2013spring/final-programme.pdf

[5]https://scholar.google.co.id/citations?user=-tEHPFsAAAAJ&hl=en

[6]https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=55844998200

[7]https://publons.com/author/?country=171&order_by=merit