Memajang Ijazah Doktor dengan Bingkai


Inspirasi ini didapatkan ketika masuk ke ruangan Brian M Kurkoski, Associate Professor di Lab saya menuntaskan PhD 2012 – 2016. Ketika itu saya baru wisuda, dan datang ke ruangannya untuk berterima kasih atas semua masukan dari dirinya selama saya kuliah, presentasi, ujian, dan menulis disertasi.

Saat itu saya masih memakai toga sewaan, dan membawa ijazah yang baru saja diberikan oleh Presiden JAIST, Asano sensei, ketika ceremony kelulusan. Kami foto bersama, dan dia pinjam ijazah saya untuk dilihat.

Kemudian dia menunjukkan untuk membandingkan dengan ijazah PhD yang ASLI miliknya yang tergantung di dinding dalam ruangannya. Saya sudah berkali-kali masuk ke ruangannya tapi tidak menyadari kalau itu adalah ijazah PhD dia dari University of California. Dia bilang bahwa itu bingkai hadiah dari ayahnya ketika dia lulus PhD (2004). Dia lulus PhD ketika saya lulus S1 hehehe…

Jadi saya terinspirasi juga untuk memajang Ijazah PhD in Information Science dari JAIST di dinding rumah. Karena khawatir hilang maka yang saya pajang adalah hasil print-out dari scan Ijazah saya yang dilegalisir oleh atase pendidikan di KBRI Tokyo.

Sebelum terbang ke Indonesia untuk mudik, saya dan keluarga mampir terlebih dahulu di kantor KBRI Tokyo untuk legalisir print-out scan Ijazah PhD saya dalam bahasa Jepang dan Inggris. Kemudian mengurus surat pengantar barang-barang bekas pakai yang dikirim ke kampung halaman. Dari KBRI Tokyo, langsung ke Kawasaki mampir ke Museum Doraemon untuk menambah pengalaman anak-anak.