Bento Farras


By: Eva Jumiyanti

kari sosis,kentang, wortel.Yoghurt dan pisang strawberry

Sesampainya di Nomi – Shi, Ishikawa,Farras sudah terhitung usia yang wajib masuk sekolah dasar (shougakku). Hitungannya adalah setiap anak yang sudah berusia 6 tahun di bulan April, sudah wajib masuk shougakku.
Jam sekolah Farras terhitung lama, berangkat dari pukul 7: 15 pagi dari rumah dan akan sampai rumah pukul 16.00 lebih seringnya. Kepulangan dari sekolah setiap hari selalu di konfirmasi sekolah melalui buku penghubung. Dan ini membuat semua murid di shougakku makan siang bersama.

Menjadi kewajiban bagi kami selaku orang tua, untuk senantiasa memberikan makanan yang halal dan baik bagi anak-anak. Kami memilih untuk mengikuti tetangga yang juga muslim, untuk hanya memesan nasi dan susu ke sekolah, sedangkan lauk dan sayuran kami buat sendiri di rumah. Selalu setiap bulannya ada daftar menu makan siang, dan kami membuat bento sesuai dengan menu yang diberikan pihak sekolah. Sebisa mungkin menyerupai apa yang ada di menu, tapi kalau bahan-bahan sedang terbatas, yang ada di kulkas saja yang disesuaikan dengan menu.🙂

Setiap hari saya selalu menyiapkan bekal makan siang atau bentonya Farras. Menyenangkan, tegang, seru rasanya, bahkan mengucapkan terima kasih untuk Farras, karena adanya menu bento Farras, membuat saya lebih banyak berpetualang di dunia masak memasak.

Sejak 15 April bento saya buat, berikut catatannya :
15 April : Burger dan mayonaise (bawang bombay, jamur, daging cincang, garam, merica. Cheese potato (kentang di goreng, ditaburi garam,lada dan keju parut). Sayur caisim tahu di tumis.
16 April : Kare sosis (Wortel, kentang, sosis, bawang bombay). Fruits yoghurt (jeruk, nanas, pisang)
17 April : Bihun campur (Bihun, daging cincang, jamur, wortel, rebung, saos tiram, daun bawang, kecap asin, kecap manis). Lumpia goreng isi sayuran. Tumis campur (toge, bayam, wortel, telur, kecap asin, minyak wijen)
18 April : Udon (mie udon, tahu, wortel, kaldu ikan, kecap asin, daun bawang). Tumis ayam cikua (ayam, cikua, paprika hijau, wortel, minyak wijen). Buah : strawberry (alternatif, lain juga boleh). Cikua adalah olahan ikan yang siap makan atau bisa juga di masukan ke dalam masakan.
19 April : Ikan siromi yang digoreng pakai tepung. Ikan siromi ini warnanya putih. Selada (telur orak-arik, kol, jagung, timun, mayonaise, cuka, garam, merica. Sayur sop (daging, wortel, kentang).

Alhamdulillah satu minggu menu ini sudah selesai dibuat. Karena saya masih banyak belajar, selalu mencari aneka resep dengan membandingkan resep satu dengan yang lain lewat internet, membayangkan hasil akhirnya seperti apa, dan alhamdulillah bisa.. Ga ada yang ga bisa, pasti bisa kalau bersungguh-sungguh.. linknya belum sempat dimasukin🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s