Mengenal JAIST dan Posisi Ranking di Dunia


Pertanyaan:

Apakah standar akreditasi JAIST seperti di Indonesia, yaitu A, B, C, dan tak terakreditasi?

Jawaban:

Akreditasi Universitas, Jurusan, Program Studi (Prodi) seperti A, B, C, dan tak terakreditasi adalah standar akreditasi Nasional. Oleh karena itu, Japan Advanced Institute of Science and Technology (JAIST) di Nomi City, Ishikawa Perfecture, Jepang, tidak menggunakan standar akreditasi tersebut.

JAIST merupakan salah satu Universitas kelas dunia (world class) atau di level Internasional. JAIST memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh mayoritas Universitas yang ada. Hal ini, karena JAIST merupakan post graduate university yaitu universitas khusus untuk program Master dan Doktor atau S2 dan S3 saja. Mirip dengan teman-temannya seperti Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), dan lainnya.

Oleh karena itu, JAIST yang mulai berdiri sejak tahun 1995 ini berfokus kepada penelitian saja dengan total mahasiswa sekitar 1,000 orang saja. Sedikit tapi berkualitas dunia, begitu moto dari sensei yang menjadi supervisor saya di salah satu Laboratorium di School of Information Science, JAIST. Dengan modal research tingkat dunia ini, JAIST dapat bersaing dengan Universitas tingkat dunia, yang bahkan dengan program dari S1 sampai S3 serta prodi yang jumlahnya banyak sehingga memiliki puluhan ribu mahasiswa.

Oleh karena itu, JAIST menduduki peringkat top class university berdasarkan perankingan yang diolah oleh U-Multirank yang disponsori oleh European Union (EU) seperti di Gambar 1.

Gambar 1. Ranking JAIST di U-Multirank tahun 2016. Untuk informasi yang lebih lengkap, lihat di https://www.jaist.ac.jp/english/whatsnew/news/2016/04/07-1.html.

Gambar 2 menunjukkan bahwa JAIST menempati urutan ke-18 dari total 718 Universitas yang dikenal di Jepang.

Gambar 2. JAIST ranking ke-18 berdasarkan https://www.4icu.org/jp/.

Penulis:

Muhammad Reza Kahar Aziz, S.T., M.T., Ph.D.

PhD in Information Science, Information Theory and Signal Processing Laboratory, School of Information Science, JAIST.

Teaching in Electrical Engineering, Institut Technology Sumatera (ITERA).