LDPC


Ketika mengikuti kuliah Teori Pengkodean Kanal pada saat mengambil Master degree di Teknik Elektro opsi Telekomunikasi ITB, kami mempelajari dasar-dasar pengkodean kana (channel coding dalam bahasa Inggris) yaitu block coding, cyclic coding, convotional coding, trellis, dan terakhir adalah reed solomon. LDPC yang merupakan singkatan dari low density parity check ini adalah versi tingkat lanjut dari block coding yang menarik perhatian dan banyak dipelajari saat ini. Karakteristik istimewa LDPC adalah jumlah nol-nya banyak sekali dari pada jumlah angka satu biner.

Sejarahnya, LDPC ini rupanya sudah lama dikemukakan sejak 43 tahun yang lalu, wah sudah lama sekali ya. Penemunya adalah Gallager yang menuangkan idenya dalam disertasi PhD pada tahun 1960. Berhubung pada saat itu komputer masih belum secanggih sekarang, maka ide LDPC tersebut dianggap susah untuk diimplementasikan dikarenakan sulitnya komputasi. Sehingga munculnya kode Reed Solomon membuat LDPC diabaikan sedemikan lama hingga 18 tahun yang lalu mulai dilirik kembali [1].

(bersambung)

Referensi:

[1] B. M. J. Leiner, LDPC Codes – a brief Tutorial, April, 2005. [Available Online]. http://www.bernh.net/media/download/papers/ldpc.pdf

Tinggalkan komentar