Beribadah Dengan Seimbang


Rasulullah saw sudah diampuni dosanya yang dulu maupun yang akan datang. Akan tetapi, dalam memandang ibadahnya Rasulullah saw padahal sudah diampuni semua dosanya, terbagi menjadi dua:
1. Rasulullah saw ibadahnya banyak sekali, maka jawabannya: Rasulullah saw ingin menjadi hamba yang bersyukur [1].
2. Mereka harus lebih banyak ibadahnya dari Rasulullah saw, maka jawabannya: Rasulullah saw adalah yang paling takut dan paling takwa kepada Allah daripada semua orang [2].

Rasulullah saw adalah yang paling seimbang ibadahnya, mari kita ikuti sunnah Rasulullah saw.

[1] Diceritakan oleh Ibunda ‘Aisyah Radhiallahu’anha:
“Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam biasanya jika beliau shalat, beliau berdiri sangat lama hingga kakinya mengeras kulitnya. ‘Aisyah bertanya: Wahai Rasulullah, mengapa engkau sampai demikian? Bukankan dosa-dosamu telah diampuni, baik yang telah lalu maupun yang akan datang? Rasulullah besabda: ‘Wahai Aisyah, bukankah semestinya aku menjadi hamba yang bersyukur?’” (HR. Bukhari no.1130, Muslim no.2820) http://buletin.muslim.or.id/tazkiyat…/bersyukur-kepada-allah.

[2] Dari Anas bin Malik RA, ia berkata : Ada sekelompok orang datang ke rumah istri-istri Nabi SAW, mereka menanyakan tentang ibadah Nabi SAW. Setelah mereka diberitahu, lalu mereka merasa bahwa amal mereka masih sedikit. Lalu mereka berkata, “Dimana kedudukan kita dari Nabi SAW, sedangkan Allah telah mengampuni beliau dari dosa-dosa beliau yang terdahulu dan yang kemudian”. Seseorang diantara mereka berkata, “Adapun saya, sesungguhnya saya akan shalat malam terus”. Yang lain berkata, “Saya akan puasa terus-menerus”. Yang lain lagi berkata, “Adapun saya akan menjauhi wanita, saya tidak akan kawin selamanya”. Kemudian Rasulullah SAW datang kepada mereka dan bersabda, “Apakah kalian yang tadi mengatakan demikian dan demikian ?. Ketahuilah, demi Allah, sesungguhnya aku adalah orang yang paling takut kepada Allah diantara kalian, dan orang yang paling bertaqwa kepada Allah diantara kalian. Sedangkan aku berpuasa dan berbuka, shalat dan tidur, dan aku mengawini wanita. Maka barangsiapa yang membenci sunnahku, bukanlah dari golonganku”. [HR. Bukhari, dan lafadh ini baginya, Muslim dan lainnya] http://1001hadits.blogspot.jp/…/1-anjuran-menikah-dan-laran….

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar