Cerita Bagaimana Dapat Berkolaborasi White Paper 6G on Localization and Sensing di 6Genesis, 6GChannel, Centre for Wireless Communications (CWC), Oulu University, Finlandia


Karena ada beberapa pertanyaan bagaimana caranya saya bisa berkolaborasi menulis White Paper 6G on Localization and Sensing yang dipimpin oleh Centre of Wireless Communications (CWC), Oulu Univeristy, Finlandia, maka saya coba ceritakan dengan singkat.

Hal ini berawaln dari kegiatan saya membuat page Facebook tentang Teknologi Telekomunikasi Terbaru. Niatnya sharing menterjemahkan berita atau paper dengan bahasa awam untuk masyarakat umum. Harapan lain, bisa diklaim untuk Pengabdian Masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi karena profesi Dosen.

Oleh karena itu, saya sering mencari berita-berita tentang 6G. Salah satu yang sering muncul ketika googling adalah website 6Genesis di Finlandia, yang merupakan proyek bernilai sekian Triliun rupiah untuk 8 tahun mengembangkan 6G dimulai tahun 2018. Hal ini karena akademia memandang 10 tahun ke depan. Sedangkan 5G yang resmi launching tahun 2020 sudah mulai banyak diteliti oleh kalangan peneliti industri.

Ketika itu sekitara akhir tahun 2019, saya biasanya diingatkan Facbook untuk update page. Jadinya mecari berita 6G lagi untuk saya terjemahkan di page saya tersebut. Ketika itu hasil googling yang anyar memandu saya masuk ke website 6Genesis, dan melihat ada call for colaborator untuk menulis white Paper 6G. Kemudian, saya melihat ada grup ke-12 yaitu Localization and Sensing, dimana Localization sesuai dengan penelitian PhD saya sejak 2012.

Jadinya saya mencoba mendaftar, dan saya tuliskan bahwa saya sudah 8 tahun research Localization dengan basis Factor Graph untuk TDOA, DOA, DRSS, serta sudah ada Disertasi Doktor dan publikasi sekian Jurnal dan Conference. Saya juga menuliskan keterbatasan saya di masalah kesehatan.

Ternyata, kemudian saya di-approve dan dimasukkan ke dalam mailing list dan Microsoft Teams untuk mulai koordinasi dan kolaborasi mulai dari 13 Januari 2020. Akhirnya dimulai Kolaborasi, dengan tadinya ada 40-an orang, seiring waktu berjalan yang aktif tersisa 20 kolaborator. Sekitar bulan April 2020, versi pre-print sudah keluar. Kemudian akhir Juni 2020 ini versi White Paper dengan ISBN dipublikasikan oleh Universitas Oulu pun sudah terbit. Rencana berikutnya, kami akan submit ke peer-reviewed journal.

Total ada 12 grup untuk menulis masing-masing sehingga ada 12 White Paper yang dapat diakses di www.6Gcahnnel.com. Untuk grup kami yang ke-12 profilnya ada di sini, dan White Paper dapat diunduh di sini.

Pos ini dipublikasikan di Tidak terkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar